Service Kulkas Panggilan di Malang

Jasa service kulkas panggilan di Malang untuk service kulkas 1 pintu, service kulkas 2 pintu, kulkas 3 pintu, kulkas side by side/kulkas pintu kupu tarung, freezer, showcase, chiller, cold storage dan mesin-mesin pendingin lainnya.

Service kulkas terdekat merk Samsung, LG, Electrolux, Panasonic, Sharp, Aqua, Sanyo, Haier, Polytron, Hitachi, Toshiba, Daewoo, Mitsubishi, dll.

Kerusakan Kulkas

Ada keluhan kulkas 2 pintu anda tidak dingin? Pintu atas bagian freezer masih bisa beku tapi pintu bawah tidak dingin sama sekali?

Penyebab kulkas 2 pintu yang tidak dingin belum tentu karena freonnya habis. Sistem kelistrikan atau komponen otomatis yang tidak bekerja di dalam kulkas juga bisa menyebabkan kulkas tidak dingin. Karena di dalam sistem kelistrikan kulkas 2 pintu terdapat kipas, sensor suhu bimetal/defrost, heater/pemanas, thermo fuse, timer, thermostat dan komponen penunjang yang lain.

Apabila diantara salah satu komponen tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya, bisa dipastikan kulkas anda tidak normal walaupun pintu bagian atas masih bisa beku. Karena kulkas yang normal itu mesin/kompresor akan bekerja selama kurang lebih 4-5 jam. Setelah itu mesin akan berhenti, jeda sejenak selama 1/2 jam untuk giliran heater bekerja mencairkan bunga es yang ada di dalam dan ini berlaku berulang-ulang membentuk siklus.

Mesin on selama 4-5 jam >> timer off >> bimetal connect >> heater on >> es mencair dan mengalir keluar ke kotak pembuangan di belakang bawah kulkas >> bimetal disconnect >> timer on >> mesin on kembali selama 4-5 jam >> dan begitu seterusnya.

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

Intinya, kendala umum kulkas 2 pintu yang sering dialami konsumen adalah pintu kulkas bagian bawah tidak dingin sama sekali sehingga makanan terutama buah dan sayur menjadi busuk tetapi pintu atas atau bagian freezer masih berfungsi normal dan beku. Untuk kasus seperti ini, kulkas hanya bermasalah di sistem kelistrikan yang ada di dalam dan bukan karena freonnya habis. Karena kalau freon habis, pintu bawah dan pintu atas dipastikan tidak dingin semuanya sama sekali.

Jadi apabila kulkas 2 pintu anda tidak dingin sama sekali, sebaiknya tidak divonis freon habis terlebih dahulu, karena itu belum tentu. Freon habis hanya bisa terjadi apabila pipa-pipa terjadi kebocoran. Penyebab bocor biasanya pipa berkarat dan keropos karena faktor usia atau kualitas pipa yang buruk, pipa belakang di area mesin/kompresor patah atau bisa juga evaporator bocor karena terdapat hewan belatung di dalam kulkas.

Untuk model kulkas yang lebih besar seperti kulkas 3 pintu atau lebih, kulkas side by side (kulkas kupu tarung) dan kulkas inverter yang lebih canggih apabila tidak dingin juga sering bermasalah di otomatisnya. Hanya disini yang membedakan untuk komponen otomatisnya di ringkas menjadi PCB yang berisi komponen elektronik yang lebih rumit, PCB inilah yang dinamakan modul.

Modul kulkas yang lebih canggih ini kalau ada sistemnya yang error juga menyebabkan kulkas tidak dingin. Apabila modul ini sampai terjadi kerusakan, anda harus merogoh saku lebih dalam karena harga modul yang tidak murah dan harus diganti satu set.

Jika anda keberatan dengan harga modul yang menurut anda terlalu mahal, kami bisa menyiasati dengan memodifikasi sistem kelistrikan kulkas anda menjadi manual.

Penyebab Kulkas 1 Pintu Tidak Dingin

Untuk model kulkas 1 pintu, keluhan yang sering kami terima adalah kulkas menjadi bocor dan tidak dingin setelah membersihkan bunga es di freezer dengan benda tajam. Pastinya freon kulkas anda habis dan solusinya adalah tambal + isi freon.

Layanan Jasa Service Kulkas Malang

Keluhan dari pelanggan yang sering terjadi pada kulkas

  • Kulkas tidak dingin tapi lampu kulkas menyala
  • Pada waktu membersihkan kulkas 1 pintu ada bunyi ngowos di freezer
  • Pintu kulkas yang atas masih dingin tapi pintu bawah tidak dingin sama sekali bahkan sampai hangat
  • Karet pintu kulkas tidak menutup rapat
  • Mesin berbunyi glodak-glodak dan hanya berdengung
  • Tidak ada suara mesin sama sekali pada saat colokan listrik kulkas ditancapkan

Apabila anda ada keluhan kulkas seperti yang tersebut di atas, silahkan kontak kami, atur jadwal dan kami akan datang memberikan layanan, solusi dan bahan pertimbangan yang terbaik. Untuk anda yang membutuhkan info dan panduan cek kerusakan kulkas, baca disini.

Service Kulkas Panggilan di Malang

4 pemikiran pada “Service Kulkas Panggilan di Malang”

Tinggalkan komentar