Panduan Cek Kerusakan Kulkas Anda Sendiri di Rumah

Disini kami akan menunjukkan langkah apa yang harus dilakukan apabila kulkas anda di rumah tiba-tiba tidak dingin atau ada permasalahan yang lainnya.

Kulkas tidak dingin dan tidak ada bunyi sama sekali

Dengarkan mesin/kompresor yang terletak di bagian belakang bawah kulkas apakah masih bunyi atau tidak? Kalau ternyata tidak bunyi sama sekali, cabut steker/colokan kulkasnya.

Apabila anda punya alat deteksi tegangan listrik sederhana seperti testpen, cek stop kontak kulkasnya, apakah testpen menyala atau tidak? Kalau testpen mati, berarti tidak ada tegangan listrik di stop kontaknya.

Ambil kabel roll dan carikan stop kontak yang lain, dan colokkan lagi steker kulkasnya, apakah mesin kulkas sudah terdengar bunyi atau tidak? Kalau bunyi, tunggu sampai 5-10 menit dan raba bodi kulkas bagian kanan/kiri/belakang, apakah terasa panas? Kalau bodi kulkas panas, itu menandakan kulkas sudah kembali normal.

Apabila ternyata testpen menyala, artinya tegangan listrik stop kontak tidak ada masalah, masalah ada di kulkas anda. Segera hubungi teknisi untuk pengecekan lebih lanjut.

Kulkas tidak dingin tetapi masih ada bunyi

Cek dimana bunyi berasal, apakah letak bunyi ada di belakang bawah kulkas?

Untuk kulkas 2 pintu, buka pintu atasnya dan dengarkan, apakah ada suara hembusan kipas?

Untuk masalah ini, sementara cabut saja steker kulkasnya dan diamkan kulkas selama kurang lebih 12 jam. Setelah itu nyalakan kulkasnya kembali, apakah masih tidak dingin? Kalau masih tidak dingin berarti ada masalah di kulkas anda, segera hubungi teknisi untuk pengecekan lebih lanjut.

Pintu atas masih dingin/beku tetapi pintu bawah tidak dingin sama sekali (untuk kulkas 2 pintu)

Solusi termurah, matikan kulkasnya selama 12 jam. Apabila setelah dinyalakan kulkas masih tidak ada perubahan, segera hubungi teknisi untuk pengecekan lebih lanjut.

Tinggalkan komentar