Tips Cara Merawat Kulkas Biar Awet

Sebenarnya merawat kulkas itu sangat mudah dan murah. Simak cara-cara sederhana di bawah ini yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

  • Gunakan stop kontak listrik dengan standar SNI. Tidak boleh memakai stop kontak T/stop kontak cabang 3 atau lebih. Intinya steker/colokan kulkas harus ditancapkan sendirian, tidak boleh di paralel/di cabang-cabang dengan alat listrik/elektronik lain semisal magic com, setrika, dispenser, mesin cuci, dsb.
  • Apabila terjadi listrik rumah padam/njeglek karena kesalahan anda sendiri, sebelum menaikkan meteran listrik/panel MCB, cabutlah steker kulkas anda terlebih dahulu. Setelah dinaikkan dan listrik menyala, steker kulkas jangan langsung ditancapkan, tunggu jeda sekitar 30 menit baru ditancapkan lagi.
  • Apabila steker kulkas anda tercabut dengan sengaja atau tidak, jangan langsung ditancapkan lagi. Tunggu jeda sekitar 30 menit baru ditancapkan lagi.
  • Untuk kulkas 1 pintu, jangan membersihkan bunga es di freezer dengan benda tajam. Bersihkan bunga es dengan mencabut steker kulkas, ambil dahulu barang-barang dan rak kulkas, biarkan bunga es mencair sendiri. Kalau terlalu lama menunggu bunga es mencair, keluarkan kulkas ke halaman/tempat lapang dengan cara diangkat. Posisi membawa kulkas harus tegak lurus/miring, tidak boleh posisi tidur. Siram bunga es dengan air dari selang atau kalau tidak ada selang, pakailah ember dan siram pakai gayung sampai bersih. Setelah selesai, keringkan dahulu bagian dalam dengan lap kering. Keringkan juga bagian belakang bawah kulkas, pastikan mesin/kompresor yang bulat berwarna hitam harus kering. Setelah benar-benar kering, angkat kulkas dan letakkan kulkas di tempat semula dan kulkas siap dinyalakan kembali.
  • Jangan berlebihan meletakkan botol minuman beban berat di bagian rak pintu bagian bawah, karena lama-kelamaan pintu kulkas akan mulet/tidak bisa menutup rapat.
  • Bersihkan bodi kulkas anda setiap sebulan sekali dengan kain lap agar kulkas anda terlihat selalu bersih.

Tinggalkan komentar